Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media papan selip
terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas II SDN 106162 Medan Estate.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non
Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas II SDN 106162 Medan Estate yang berjumlah 40 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, dimana semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan soal
test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penelitian di kelas eksperimen memiliki
nilai rata-rata 78,6. Sedangkan penelitian di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata
70,8. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media papan
selip adalah 85. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa setelah menggunakan media
papan selip adalah 95. Berdasarkan hasil uji hipotesis dilihat dari nilai signifikansi
(2-tailed), yaitu 0.001. Nilai signifikan (2-tailed) ini menunjukkan bahwa hasil
perhitungan < 0,05, artinya Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil analisis data
tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan lebih besar terjadi pada kelas
eksperimen yang menggunakan media papan selip, sehingga terdapat efektivitas
media papan selip dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas II SDN 106162
Medan Estate.