Abstract:
Penelitian ini berjudul “ Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Babyeye_id
Melalui Aplikasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjulan Produk”. Komunikasi
memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan pemasaran.
Apabila komunikasi terhambat, maka kegiatan pemasaran pun ikut terhambat.
Kegiatan komunikasi pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan serta
mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat. Promosi yang dilakukan
adalah agar konsumen mengetahui dan berminat untuk membeli dan tetap
membeli produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan online shop
Babyeye_id melalui aplikasi instagram dalam meningkatkan penjualan produk.
Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Komunikasi
Pemasaran online shop babyeye_id melalui aplikasi Instagram dalam
meningkatkan penjualan produk. Teori yang digunakan yaitu bauran pemasaran
(4P) yang terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion
(promosi). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Narasumber penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang, satu
merupakan owner yaitu pemilik online shop Babyeye_id, dua merupakan
Babyeye_id, empat lainnya merupakan konsumen Babyeye_id. Pengumpulan data
digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh owner
atau pemilik online shop babyeye_id, yang meliputi Product, Price, Place
kemudian Promotion.