Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen. Data penelitian menggunakan data primer dengan melakukan
wawancara kepada responden penelitian. Sampel penelitian berjumlah 40
responden yang sedang mengkonsumsi hidangan ikan holat serta mendapatkan
pelayanan di Rumah Makan Holat Afifa. Pada penelitian ini tekhnik analisis data
menggunakan metode SEM-PLS dengan aplikasi SmartPls.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Holat Afifa
selalu ramai dikunjungi oleh pelanggannya disebabkan memiliki kualitas produk
dan kualitas pelayanan yang baik meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal.
Hal ini berdasarkan oleh hasil analisis yang menunjukkan bahwa kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,942 atau
94,2%, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen sebesar 0,151 atau 15,1%.