Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
prestasi belajar akuntansi pada siswa SMK Tritech Informatika Medan Tahun
Ajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi di SMK Tritech Informatika Medan
T.P 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak - 1 dan Ak - 2
Akuntansi SMK Tritech Informatika Medan. Yang terdiri dari 2 (dua) kelas
yang masing-masing berjumlah 56 siswa. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar akuntansi di SMK Tritech Informatika Medan
Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 28 butir soal angket, 10 butir soal
untuk faktor internal dan 18 butir soal untuk faktor eksternal indikator angket.
Penelitian ini menggunakan uji asumsil klasik untuk mengetahui data yang
digunakan berdistribusi normal. Uji regresi berganda untuk mengetahui
seberapa besar faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Pengujian hipotesis
digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari faktor internal dan faktor
eksternal terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh dari faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar
akuntansi di SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2022/2023.