Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana proses
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus di SMK SWASTA
TELADAN Indrapura dengan model pembelajaran Numbered Heads Together, 2)
Meningkatkan Keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran Numbered
Heads Together pada pembelajaran akuntansi jurnal khusus di SMK SWASTA
TELADAN Indrapura dan 3) Meningkatkan hasil belajar perserta didik dengan
model pembelajaran Numbered Heads Together pada akuntansi jurnal khusus di
SMK SWASTA TELADAN Indrapura.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan
pada bulan Agustus hingga September 2022 di SMK SWASTA TELADAN
Indrapura. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI AK SMK SWASTA
TELADAN Indrapura yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang
digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada
pokok bahasan jurnal khusus menggunakan model pembelajaran Numbered Heads
Together dalam pembelajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus dapat
meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan dari siklus I kesiklus II. Yaitu dari 53,88% meningkat pada
siklus II menjadi 84,61%. Model pembelajaran Numbered Heads Together dalam
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik, pada siklus I dari hasil belajar menunjukkan presentase
ketuntasan peserta didik 61,55%. Hasil belajar pada siklus II menunjukkan
presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 80,87%.