Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiEfektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 7 Tebing TinggiPenelitian ini menggunakan
pendekatan mix method. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi dan angket. Serta analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian, kesimpulan dan frekuensi Spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala
sekolah melakukan pembinaan disiplin dengan menunjukan sikap keteladanan yaitu
dengan datang tepat waktu dan menggunakan waktu belajar secara efektif. Upaya
pembinaan disiplin yang dilakukan kepala sekolah dengan selalu mengecek kehadiran
guru.Selanjutnya, Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Tebing Tinggi dalam menyelesaikan
tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dengan melakukan
pengawasan secara rutinitas. Namun kualitas kinerja guru belum sepenuhnya maksimal
disebabkan berimplikasi pada naik turunnya motivasi serta masalah yang di hadapi guru.
Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dibutuhkan disaat guru mengharapkan adanya
solusi dari permasalahan yang dihadapi. Untuk itu, dari hasil efektifitas kepemimpinan
kepala sekolah meningkatkan kinerja guru terlihat adanya Peningkatan kinerja guru di
SMP Negeri 7 Tebing Tinggi melalui hubungan sejawat. Hubungan sejawat dengan
kategori sering terdapat 15 responden atau 27.85%. Sementara untuk orientasi tugas
dengan kategori sering terdapat 16 responden atau 29,6%. Oleh karena itu, keefektivan
kepemimpinan kepala sekolah telah memberikan dampak untuk peningkatan kerja guru
baik dari orientasi tugas dan hubungan sejawat