Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui dna menganalisis kepemimpinan
transformasional dalam mengembangkan budaya sekolah di SMK Negeri 4 tebing
tinggi yang beralamat Jl.Abdul Hamid No.103 Kec.Padang Hilir Kota Tebing
Tinggi. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tekhnik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta tekhnik analisis
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa budaya sekolah mengandung sebuah pemecahan masalah
yang terstruktur dengan ungkapan motivasi, kerjasama dan tanggungjawab antara
satu dengan lainnya. Sehingga, dalam pelaksanaan KBM untuk mewujudkan
budaya sekolah terbukti sebagaimana mestinya. Kepemimpinan transformasional
kepala SMK Negeri 4 Tebing Tinggi juga ditandai dengan menjadi motivator
yang baik, dan mendukung bawahan dengan baik. Budaya yang dikembangkan
Kepala sekolah melalui Kepemimpinan transformasional di SMK Negeri 4 Tebing
Tinggi adalah terlihat dari budaya aktivitas literasi dan budaya perilaku. Budaya
literasi dapat dilihat dari setiap hari perpustakaan dan sudut baca tidak pernah
sepi. Sedangkan budaya perilaku dapat dilihat dari budaya religi, budaya
kedisiplinan dan pelaksanaan tata tertib, budaya berprestasi dan berkompetisi,
budaya gemar membaca dan budaya bersih. Dalam penerapan budaya tidak
terlepas faktor pendukung dari kepala sekolah yaitu kemampuan kepala sekolah
dalam mengkonsep program, melaksanakan program dan membina hubungan
kerjasama baik dengan guru maupun masyarakat dan faktor penghambat yang
amat menonjol terdapat beberapa guru yang kesadaran diri masih belum terlihat
dan masih ada stakeholders yang membawa sifat buruk dari instansi yang lama