dc.description.abstract |
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media
pembelajaran digital math comic dengan berbasis pendekatan matematika realistik
(PMR) pada materi statistika untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan
kepraktisan dari digital math comic beserta rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) nya, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi
statistika, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan digital
math comic.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode research and
development (R&D) menggunakan model penelitian 4-D Thiagarajan: define,
design, develop, and dessiminate. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas VIII
MTs Ponpes Darul Quran tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 57 siswa. Jenis data
berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian digital
math comic oleh dosen ahli media dan materi, guru matematika, teman sejawat,
tes kemampuan pemahaman matematis siswa dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital math comic telah
dinyatakan valid, efektif dan praktis yang ditunjukkan oleh skor rata-rata yang
diberikan para validator yaitu 4,35 memiliki klasifikasi sangat baik. Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) juga dinyatakan valid, efektif dan praktis yang
ditunjukkan oleh skor rata-rata yang diberikan para validator yaitu 4,23 dengan
kategori sangat baik. Kemampuan pemahaman matematis meningkat yang
ditunjukkan oleh persentase peningkatan hasil belajar sebanyak 61,4% dari 29,8%
naik menjadi 91,2%. Dan respon siswa terhadap digital math comic mendapat
skor 4,2 dengan klasifikasi baik. |
en_US |