Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATH COMIC BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author NAJMA, SURYA
dc.date.accessioned 2022-11-08T01:26:11Z
dc.date.available 2022-11-08T01:26:11Z
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19337
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran digital math comic dengan berbasis pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi statistika untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari digital math comic beserta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) nya, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi statistika, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan digital math comic. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode research and development (R&D) menggunakan model penelitian 4-D Thiagarajan: define, design, develop, and dessiminate. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ponpes Darul Quran tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 57 siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian digital math comic oleh dosen ahli media dan materi, guru matematika, teman sejawat, tes kemampuan pemahaman matematis siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital math comic telah dinyatakan valid, efektif dan praktis yang ditunjukkan oleh skor rata-rata yang diberikan para validator yaitu 4,35 memiliki klasifikasi sangat baik. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) juga dinyatakan valid, efektif dan praktis yang ditunjukkan oleh skor rata-rata yang diberikan para validator yaitu 4,23 dengan kategori sangat baik. Kemampuan pemahaman matematis meningkat yang ditunjukkan oleh persentase peningkatan hasil belajar sebanyak 61,4% dari 29,8% naik menjadi 91,2%. Dan respon siswa terhadap digital math comic mendapat skor 4,2 dengan klasifikasi baik. en_US
dc.subject Digital Math Comic en_US
dc.subject pendekatan matematika ralistik en_US
dc.subject kemampuan pemahaman matematis siswa en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATH COMIC BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account