dc.contributor.author |
MARLINA SIAGIAN, UMMI |
|
dc.date.accessioned |
2022-11-08T01:22:25Z |
|
dc.date.available |
2022-11-08T01:22:25Z |
|
dc.date.issued |
2022-08-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19336 |
|
dc.description.abstract |
Pendekatan PMR dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
dan kemandirian belajar siswa. Karakteristik pendekatan PMR yang dilakukan
mengacu pada keaktifan siswa untuk saling bertukar pendapat pada kegiatan
diskusi belajar dengan diberikannya LKPD disetiap pertemuan. Hasil penelitian
ini sangat sesuai digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan
kualitas pendidikan matematika. Penelitian ini memperoleh sejumlah data seperti
hasil skor KAM siswa kelas eksperimen dan kontrol, hasil skor postes
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol,
hasil skor postes angket kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol.
Analisis data yang akan dipaparkan adalah analisis data Kemampuan Awal
Matematika (KAM) siswa analisis data kemampuan pemahaman konsep siswa,
analisis data kemandirian belajar siswa, analisis data interaksi pendekatan
pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemahamankonsep maternatis
siswa dan analisis data interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM
terhadap kemandirian belajar siswa. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan
pembelajaran KAM siswa terhadap kemandirian belajar siswa, artinya siswa yang
belajar dengan pendekatan PMR dengan siswa yang belajar dengan pendekatan
pembelajaran konvensional tidak mempunyai perbedaan yang signifikan antara
siswa yang berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi terhadap kemandirian
belajar siswa.Oleh karena itu, kepada guru matematika di sekolah diharapkan
memiliki pengetahuan teoritis maupun keterampikan menggunakan pendekatan
PMR dalam prosespembelajaran.Terdapat pengaruh pendekatan PMR dan CTL
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS dengan nilai
koefisien determinasi R. Squarenya 0,157. Pengaruh pendekatan PMR dan CTL
terhadap kemandirian belajar siswa SMP dengan nilai koefisien determinasi R Squarenya 0,033. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan
KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS Al-Halim
Ledong Barat. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM
terhadap kemandirian belajar siswa MTS Al-Halim Ledong Barat |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Realistik (PMR), |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Contextual Teaching And Laerning (CTL |
en_US |
dc.subject |
Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK (PMR) DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS AL-HALIM LEDONG BARAT |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |