Research Repository

Penerapan Pendekatan Konseling Realitas untuk Mengurangi Krisis Identitas Diri Siswa Kelas IX SMP Sultan Iskandar Muda

Show simple item record

dc.contributor.author Marliza, Annisa
dc.date.accessioned 2020-03-04T12:20:03Z
dc.date.available 2020-03-04T12:20:03Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1930
dc.description.abstract Konseling individual merupakan pertemuan konselor dengan konseli secara individual, dimana terjadi hubungan konseling yang bernuansa rapport, dan konselor berupaya memberikan bantuan untuk mengembangkan pribadi konseli serta konseli dapat mengantisipasi masalah – masalah yang dihadapinya. Konseling individual yang di berikan kepada peserta didik (konseli) di fokuskan kepada sikap dan tingkah lakunya yang kemudian setelah pelaksanaannya peserta didik (konseli) mengalami perubahan positif yang di harapkan sebagai hasil dari pelaksanaan konseling individual. Krisis Identitas diri merupakan keadaan dimana identitas dari individu/ seseorang yang terjadi pada anak remaja dimana pada masa ini dipengaruhi oleh faktor hormonal yang biasa disebut masa gejolak/ badai topan dimana seseorang individu yang beradapada tahap perkembangan remaja yang tidak jelas. Ketika itu, remaja memiliki sikap untuk mencari identitas dirinya. Siapa dirinya saat sekarang dan dimasa depan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria Medan yang beralamat di Jalan T. Amir Hamzah, Pekan I Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Bidang Studi, Wali Kelas, dan Siswa yang berjumlah 3 orang sesuai dengan rekomendasi dari guru Bimbingan dan Konseling. Adapun Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Konseling Realitas dengan menggunakan Layanan Konseling Individual untuk Mengurangi Krisis Identitas Siswa Kelas IX SMP Sultan Iskadar Muda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Berdasarkan hasil data dan interpretasi data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa konseling individual dapat mengatasi krisis identitas diri siswa kelas IX mengingat pada usia remaja siswa masih mengalami pencarian identitas diri yang cukup tinggi. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut perlu perhatian khusus dan mendalam melalui konseling realitas. en_US
dc.subject Konseling Realitas en_US
dc.subject Krisis Identitas Diri en_US
dc.title Penerapan Pendekatan Konseling Realitas untuk Mengurangi Krisis Identitas Diri Siswa Kelas IX SMP Sultan Iskandar Muda en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account