Abstract:
Media pembelajaran dapat dikatakan sebagai wadah untuk membantu proses
belajar. Salah satu media pembelajaran adalah aplikasi Ruang Guru, media
pembelajaran ini adalah media yang berbasis teknologi. Penggunaan aplikasi
Ruang Guru sejauh ini telah banyak membantu anak dalam proses pembelajaran,
mulai dari pemecahan masalah tentang tugas-tugas yang diberikan oleh guru di
sekolah yang tidak dimengerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
persepsi orang tua terkait penggunaan aplikasi ruang guru dalam membantu
proses belajar anak dimasa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah medote deskriptif kualitatif, yaitu metode yang
mendeskripsikan suatu populasi atau kondisi secara sistematis dan akurat yang
dalam pelaksanaannya akan menganalisis dan mengumpulkan data yang bukan
angka dan juga menggunakan teori belajar naturalisme. Teori belajar naturalisme
menjelaskan bahwa individu bukan saja mempunyai potensi dan kemampuan
untuk berbuat atau melakukan tugas, tetapi juga memiliki kemampuan untuk
belajar dan berkembang diri. Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan
bahwa orang tua dari anak pengguna aplikasi ruang guru yang berada di Desa
Lohsari 1 Kecamatan Kampung Rakyat sangat terbantu dan mempengaruhi
semangat belajar anak dimasa pandemi covid-19. Terutama bagi mereka yang
tidak memiliki waktu 24 jam bersama anak, sehingga tidak perlu merasa khawatir
karena tidak bisa mendampingi anak ketika mereka sedang belajar di rumah.