Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan harga berpengaruh terhadap perilaku
konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah produk untuk itu dibutuhkan
penelitian seberapa besar pengaruh variabel aplikasi belanja online, digital payment,
dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh aplikasi belanja online terhadap keputusan pembelian produk
skincare MS Glow pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,
untuk mengetahui bagaimana pengaruh digital payment terhadap keputusan
pembelian produk skincare MS Glow pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara, untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian produk skincare MS Glow pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara, untuk mengetahui bagaimana pengaruh aplikasi belanja online,
digital payment dan harga terhadap keputusan pembelian produk skincare MS Glow
pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif, dengan populasi seluruh
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara jurusan Manajemen
stambuk 2018 yang menggunakan produk MS Glow dan sampel diambil
menggunakan sample random sampling. Pengambilan sampel menggunakan rumus
Bernoulli dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuisoner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
bantuan software SPSS versi 25. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil
persamaan: Y = 7,078 + -0,244X1 + 0,435X2 + 0,868X3. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh aplikasi belanja online terhadap keputusan
pembelian (sig.=0,232 dan thitung=-1,202). Tidak ada pengaruh digital payment
terhadap keputusan pembelian (sig.=0,066 dan thitung=1,858). Ada pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian (sig.=0,000 dan thitung=7,408). Secara simultan ada
pengaruh aplikasi belanja online, digital payment, dan harga terhadap keputusan
pembelian (sig.=0,000 dan thitung=38,530). Nilai R square yakni 0,546 menunjukan
bahwa 54,6 persen yang mempengaruhi variabel bebas dan sisanya dipengaruhi
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian : secara
parsial tidak ada pengaruh aplikasi belanja online terhadap keputusan pembelian,
tidak ada pengaruh digital payment terhadap keputusan pembelian, dan ada pengaruh
harga terhadap keputusan pembelian produk. Secara simultan ada pengaruh aplikasi
belanja online, digital payment dan harga terhadap keputusan pembelian.