Abstract:
Penelitian ini meneliti tentang bagaimana proses pembelajaran fiqih di MTs Aisyiyah
Binjai. Selain itu, peneliti ini juga meneliti tentang bagaimana strategi guru fiqih dalam
memotivasi belajar peserta didik di MTs Aisyiyah Binjai dan meneliti tentang apa saja
faktor pendukung dan penghambat strategi guru fiqih dalam motivasi belajar peserta
didik di MTs Aisyiyah Binjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriftif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara
dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses
pembelajaran fiqih, unntuk mengetahui bagaimana strategi guru fiqih dalam memotivasi
belajar peserta didik di MTs Aisyiyah Binjai dan untuk mengetahui apa saja faktor
pendukung dan penghambat strategi guru fiqih dalam memotivasi belajar peserta didik di
MTs Aisyiyah Binjai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini yaitu. Pentingnya menerapkan strategi pembelajaran yang baik dan tepat
akan mampu menumbuhkan semangat belajar fiqih di MTs Aisyiyah Binjai. Metode atau
strategi konvensional yang diterapkan selama ini oleh guru fiqih menyebabkan peserta
didik malas belajar, tertidur dikelas, membuat keributan dan mengakibatkan hasil belajar
fiqih peserta didik tidak maksimal. Strategi yang digunakan guru fiqih dalam memotivasi
belajar peserta didik dengan menggunakan strategi kooperatif yang di dalamnya terdapat
model jigsaw dan investigasi kelompok, serta metode reward dan punishment. Strategi
guru fiqih dalam memotivasi belajar peserta didik memiliki dua faktor yaitu: faktor
pendukung dan penghambat.