Abstract:
Dalam pandangan Islam sebuah organisasi atau lembaga dalam bidang
apapun akan berjalan dengan baik apabila ditopang oleh sebuah Manajemen yang
baik. Hal serupa juga berlaku bagi sebuah lembaga pendidikan, apabila
manajemennya bagus maka pendidikan akan berjalan baik. Namun sebaliknya
apabila manjemennya buruk maka pendidikan akan berjalan lemah dan keropos.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam, problem
yang dihadapi serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem yang
dihadapi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama
Islam di SMP PAB 15 Medan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa manajemen kepala
sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP
PAB 15 antara lain; 1)merekrut guru yang sesuai dengan latar belakang
pendidikannya, 2)menjalin komunikasi yang baik dengan guru, 3) mengevaluasi
kinerja guru dan 4) berperan aktif dalam pembuatan dan perancangan silabus dan
RPP, 5)Mengikutsertakan setiap guru dalam mengikuti pelatihan baik yang
diadakan disekolah maupun ditempat lain. Adapun problem yang dihadapi antara
lain; 1)merebaknya wabah Covid-19, 2) fasilitas yang kurang memadai,
3)keterbatasan anggaran, 4) minimnya dukungan wali dari murid, 5) jadwal
mengajar guru yang berbenturan serta 6)perbedaan daya tangkap siswa.
Sedangkan upaya yang ditempuh untuk mengatasi problem yang ada diantaranya;
1) berkoordinasi dengan guru, 2) Memberikan keleluasaan kapada guru dalam
membuat dan merancang silabus dan RPP, 3) melibatkan guru dalam setiap
pengambilan keputusan, 4) memotivasi guru, memberikan penghargaan/reward, 5)
menggratiskan kegiatan yang dilakukan