Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menganalisis siswa
dalam materi tema 7 ( peristiwa dalam kehidupan ) sub tema I ( peristiwa dalam
kebangsaan penjajah) pembelajaran I dengan menggunakan Metode discovery
learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini
dilakukan II siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN 013826 Sengon Sari. Metode pengumpulan data
penelitian meliputi: Observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan Metode pembelajaran discovery learning dalam sub tema 1 (peristiwa
dalam kebangsaan penjajah) telah berhasil meningkatkan keterampilan
menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan discovery learning
mempengaruhi tingkat kemampuan menganalisis siswa, ini terbukti dengan
kemampuan siswa dalam memahami materi kebangsaan penjajah mengalami
peningkatan yaitu menjadi 90% dari yang semula hasil pre-test hanya sebesar 5%
dimana siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 1 orang, dengan nilai rata- rata
56,96, selanjutnya pada p ada siklus 1. Hasil pos-test mengalamin peningkatan
hanya sebesar 75%, dengan nilai rata-rata 69,35, dimana siswa yang mengalamin
ketuntasan hanya sebesar 15 orang. Pada siklus 2 dilakukan kembali penerapan
metode discovery learning dan menunjukkan kemampuan siswa memahami
materi peristiwa kebangsaan penjajah meningkat dengan nilai rata-rata 78,6 dan
persentase 90% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 18 siswa dan 2
orang tidak tuntas.