Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, LIDIYA
dc.date.accessioned 2022-11-03T08:33:19Z
dc.date.available 2022-11-03T08:33:19Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19219
dc.description.abstract Model pembelajaran hybrid learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran online dengan tatap muka terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada atau tidaknya pengaruh dari model pembelajaran hybrid learning terhadap minat belajar siswa pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksprimental dengan desain The One Group Pretest-Postest Desaign. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Medan.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 28 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data pelaksanaan model pembelajaran hiybrid learning peneliti menggunakan teknik kuesioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data terkait minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI peneliti menggunakan kuesioner dan pretest-postest, sedangkan untuk memperoleh data pendukung lainnya digunakan teknik wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan model pembelajaran hybrid tergolong sangat baik dibuktikan dengan hasil angket yang di sebarkan kepada 28 responden berada pada interval 75% - 100% yakni sebesar 87% , 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukan ketegori sangat baik dengan persentase 89% yang berada pada kelas interval 75% -100%, 3) model pembelajaran hybrid learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PAI, dibuktikan dengan analisis uji-T sampel berpasangan dengan hasil t-hitung >t-tabel (7.641>2.0484) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau <0.05. en_US
dc.subject pengaruh en_US
dc.subject model pembelajran hybrid learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account