Abstract:
Tujuan penelitian ini dalam penerapan metode pembelajaran Learning By
Doing dalam mata pelajaran fiqih di MTS Daerah Aek Songsongan, latar
belakang MTS Daerah Aek Songsongan adalah sekolah yang bernuansa agama
Islam di mana dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah ini memanfaatkan
keaktifan dan kemampuan siswa salah satunya dalam pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
berupa jenis penelitian deskriptif dengan sumber datanya dari primer dan
sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan koleksi data, kondensasi data,
penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Learning By Doing sangat membantu guru dalam
melakukan pembelajaran sehingga suasana kelas lebih aktif dan menarik bagi
siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : penerapan yang dilakukan guru
Fiqih cukup berhasil, dengan konsep belajar dengan cara memberikan praktek
pembelajaran secara langsung dan tidak hanya mengandalkan materi
pembelajaran bisa dengan cara individu atau membentuk sebuah kelompok,
suasana kelas lebih menarik dan dengan mudah menarik minat belajar siswa untuk
mempelajari mata pelajaran Fiqih