Abstract:
Penelitian ini meneliti tentang bagaimana strategi guru bahasa Arab dalam
mengatasi kesulitan belajar materi nahwu dan shorof pada siswa kelas IX di MTs
Al-Washliyah Pancur Batu yang beralamat di jalan letjend. jamin ginting km.
16,5 kecamatan pancur batu kabupaten deli serdang. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan dan mengembangkan strategi guru dalam mengatasi kesulitan
belajar materi nahwu dan shorof di MTs Al-Washliyah pancur batu. Jenis
penelitian yang dilakukan penelitian lapangan (field reserch) dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif
yaitu rancangan penelitian, memilih lapangan, mengurus perizinan,
melaksanakan tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu:
menyusun sesuai prosedur dan melakukan pengamatan atau observasi, penyajian
data, dan verifikasi kesimpulan. Adapun hasil dari data permasalahan yang
didapat adalah strategi guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan belajar
materi nahwu dan shorof pada siswa kelas IX belum berjalan dengan baik dan
belum optimal.