Research Repository

IMPLEMENTASI METODE ASY-SYAFI’I PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN DI MTs AL-HUSNA KAMPUNG SALAK BAGAN SINEMBAH RAYA

Show simple item record

dc.contributor.author ZANNAH, MIFTAHUL
dc.date.accessioned 2022-11-03T04:46:55Z
dc.date.available 2022-11-03T04:46:55Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19161
dc.description.abstract Madrasah Tsanawiyah Al-Husna yang berada di Kampung Salak, Kecamatan Bagan Sinembah Raya memiliki andil dalam mengembangkan kemampuan siswa MTs khususnya pada program tahsin Al-Qur’an. Sebelumnya program tahsin yang berada di Al-Husna sudah menggunakan beberapa metode, salah satunya metode Talaqqi. Akan tetapi, kenyataan saat ini menunjukkan bahwa program tahsin Al-Qur’an yang menggunakan metode Talaqqi menghadapi beberapa kendala antara lain diantaranya penerapan metode talaqqi yang kurang tepat, fasilitas yang kurang memadai, kemudian rendahnya semangat siswa dan ketidak sungguhan dalam belajar tahsin Al-Qur’an yang mengakibatkan ketidak mampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan tajwid yang benar.Maka dalam penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana proses pembelajaran metode Asy-Syafi’i MTs Al-Husna Kampung Salak Bagan Sinembah Raya. Dengan tujuan Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Asy-Syafi’i dalam program tahsin Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Husna Kampung Salak Bagan Sinembah Raya. Penelitian ini di lakukan di MTs Al-Husna Kampung Salak Bagan Sinembah Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran tahsin Al-Qur’an melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Serta implementasi metode Asy-Syafi’i dalam program tahsin bertujuan Agar peserta didik lebih memahami kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid dan mampu mengucapkan huruf dengan makhorijul yang baik dan benar. Adapun kendala dalam menerapkan metode Asy-Syafi’i pada program tahsin Al-Qur’an di MTs Al-Husna yaitu guru mengalami kesulitan dalam membagi waktu pembelajaran, sedangkan peserta didik merasa jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung karena kurangnya motivasi pada diri peserta didik. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Asy-Syafi’i en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE ASY-SYAFI’I PADA PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN DI MTs AL-HUSNA KAMPUNG SALAK BAGAN SINEMBAH RAYA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account