Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui pelaksanaan sistem
pengendalian internal atas persediaan barang dagangan yang dilakukan oleh
Medan Mart dan mengetahui kesesuaian manajemen pemasaran dengan etika
bisnis Islam. Penelitian ini melalui metode pendekatan kualitatif, yaitu analisis
deskriptif dengan melakukan kegiatan berupa pengamatan, wawancara,
menganalisis yang terkait dengan manajemen persediaan barang dagangan
terhadap perspektif etika bisnis Islam untuk mendapatkan berbagai macam
informasi kemudian dianalisis lebih dalam sesuai dengan teori-teori yang sudah
diperoleh sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, mengambil suatu kesimpulan
bahwa penerapan pengendalian internal persediaan barang dagangan dapat
berperan penting dalam memberikan pengendalian internal persediaan,
memberikan informasi mengenai nilai yang dapat menunjang kelancaran proses
kerja dan sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan informasi yang
berguna dari terjadinya kesalahan. Dalam praktiknya etika bisnis Islam dalam
Medan Mart sudah berjalan dengan baik dengan memberikan layanan kepada
pelanggan adalah tujuan utama.