Research Repository

IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MEMPERBAIKI KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP PERSATUAN AMAL BAKTI 15 KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RIJALUDDIN
dc.date.accessioned 2022-11-03T04:27:02Z
dc.date.available 2022-11-03T04:27:02Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19152
dc.description.abstract Latar belakang masalah penelitian ini adalah Al-Qur‟an dalam Islam merupakan sumber dan dasar hukum pertama dan utama, sehingga pentingnya mepelajari dan membaca Al-Qur‟an dari berbagai aspek keilmuannya. Dalam rangka membantu umat Islam untuk memperbaiki baacaan Al-Qur‟an maka diperlukan metode baca tulis Al-Qur‟an yaitu melalui implementasi metode iqro. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui menganalisis dan mendiskriptifkan perancangan guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro, untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskriptifkan pengimplementasi guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro, untuk mengetahui menganalisis dan mendiskriptifkan kelebihan dan kekurangan dalam pengimplemetasian metode iqro dalam kemampuan bacaan Al-Qur‟an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptip dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru agama Islam dan 3 siswa yang ada kriterianya sudah dijelaskan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa guru mempersiapkan rancang perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempersiapkan beberapa bagian yang penting seperti cara dan menerapanya, Pendekatan dan model pembelajaran. Adapun Implementasi guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro untuk memperbaiki bacaan Al Qur‟an melaui metode pembiasaan, metode privat dan memberikan dorongan kepada siswanya untuk aktif. Sedangkan kelebihan dalam pengimplementasian metode iqro ini adalah dengan menggunakan metode CBSA (Cara Belajar Anak Aktif) sedangkan kekurangannya tidak ada pengenalan terhadap huruf-huruf Hijaiyah asli. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Iqro en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MEMPERBAIKI KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP PERSATUAN AMAL BAKTI 15 KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account