Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Al-Qur‟an dalam Islam
merupakan sumber dan dasar hukum pertama dan utama, sehingga pentingnya
mepelajari dan membaca Al-Qur‟an dari berbagai aspek keilmuannya. Dalam
rangka membantu umat Islam untuk memperbaiki baacaan Al-Qur‟an maka
diperlukan metode baca tulis Al-Qur‟an yaitu melalui implementasi metode iqro.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui menganalisis dan
mendiskriptifkan perancangan guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro,
untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskriptifkan pengimplementasi guru
agama islam dalam mengajarkan metode iqro, untuk mengetahui menganalisis dan
mendiskriptifkan kelebihan dan kekurangan dalam pengimplemetasian metode
iqro dalam kemampuan bacaan Al-Qur‟an siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu deskriptip dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Responden dalam penelitian ini adalah guru agama Islam dan 3 siswa yang ada
kriterianya sudah dijelaskan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang dilakukan diketahui bahwa guru mempersiapkan rancang
perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, perencanaan pembelajaran dilakukan
dengan mempersiapkan beberapa bagian yang penting seperti cara dan
menerapanya, Pendekatan dan model pembelajaran. Adapun Implementasi guru
agama islam dalam mengajarkan metode iqro untuk memperbaiki bacaan Al Qur‟an melaui metode pembiasaan, metode privat dan memberikan dorongan
kepada siswanya untuk aktif. Sedangkan kelebihan dalam pengimplementasian
metode iqro ini adalah dengan menggunakan metode CBSA (Cara Belajar Anak
Aktif) sedangkan kekurangannya tidak ada pengenalan terhadap huruf-huruf
Hijaiyah asli.