Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan harga
saham terhadap nilai dengan Islamic social reporting sebagai variabel intervening
di Jakarta islamic index. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan data dokumentasi Jenis dan
sumber data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan tahun 2011-
2020 yang disajikan oleh bursa efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 30 perusahaan dan sampel sebanyak 6 perusahaan dengan
menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan regresi data panel, uji asumsi klasik, uji t, uji f, analisis jalur,
koefisien determinasi dan uji sobel. Pengelolahan data dalam penelitian ini
menggunakan eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka
disimpulkan bahwa secara parsial profitabilitas tidak berpengaruh signifikan
terhadap Islamic social reporting, sedangkan harga saham berpengaruh signifikan
terhadap Islamic social reporting, profitabilitas dan harga saham berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Islamic social reporting tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan , berdasarkan uji sobel Islamic
social reporting tidak memediasi pengaruh profitabilitas dan harga saham
terhadap nilai perusahaan.