Research Repository

UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA CEPAT SISWA MELALUI METODE SAS (STRUCTURAL ANALYTIC SYNTACTIC) KELAS II SD NEGERI 3 KUTACANE PERAPAT TIMUR KECAMATAN LAWE BULAN KABUPATEN ACEH TENGGARA

Show simple item record

dc.contributor.author SUGIRA, HANIFIA
dc.date.accessioned 2022-11-03T03:51:41Z
dc.date.available 2022-11-03T03:51:41Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19134
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnnya kemampuan membaca cepat siswa di kelas II SD Negeri 3 Kutacane Perapat Timur Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Karena kemampuan membaca siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemempuan membaca cepat melalui metode SAS (Structural Analytic Syntactic). Adapaun penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 3 kutacane Perapat Timur Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes membaca cepat siswa satu persatu menggunakan instrumen kunci dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan membaca cepat siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode SAS ( Structural Analytic Syntatic ). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan metode penelitian SAS ( Structural Analiytic Syntactic ). yaitu dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka – angka dan menarik kesimpulan dari penguji tersebut dengan menggunakan rumus – rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat siklus I sebanyak 1 orang siswa yang tuntas atau 4%, dan sebanyak 24 orang siswa yang belum tuntas atau 96%. Kemampuan siswa mengelola Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam meningkatkan membaca cepat Pembelajaran Learning Cycle pada siklus II sudah memenuhi standar, dimana yang memenuhi nilai sebanyak 24 orang siswa, dan 1 orang siswa lagi belum memenuhi nilai. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata Siklus 1 sebesar 61 dan rata-rata Siklus II sebesar 88. Sehingga diperoleh gain 71,4%. Artinya kelas II SD Negeri 3 Kutacane mengalami peningkatan kemampuan membaca cepat dengan kategori tinggi karena berada pada 71%-100%. en_US
dc.subject Meningkatkan Membaca Cepat en_US
dc.subject Metode SAS (Structural Analytic Syntactic) en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA CEPAT SISWA MELALUI METODE SAS (STRUCTURAL ANALYTIC SYNTACTIC) KELAS II SD NEGERI 3 KUTACANE PERAPAT TIMUR KECAMATAN LAWE BULAN KABUPATEN ACEH TENGGARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account