Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnnya kemampuan membaca cepat siswa
di kelas II SD Negeri 3 Kutacane Perapat Timur Kecamatan Lawe Bulan
Kabupaten Aceh Tenggara. Karena kemampuan membaca siswa masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemempuan membaca cepat
melalui metode SAS (Structural Analytic Syntactic). Adapaun penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Dan objek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas II SD Negeri 3 kutacane Perapat Timur Kecamatan Lawe
Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes membaca cepat siswa satu persatu
menggunakan instrumen kunci dan lembar observasi untuk mengetahui
kemampuan membaca cepat siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode
SAS ( Structural Analytic Syntatic ). Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan metode penelitian SAS (
Structural Analiytic Syntactic ). yaitu dengan menggunakan siklus I dan siklus
II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka
– angka dan menarik kesimpulan dari penguji tersebut dengan
menggunakan rumus – rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat siklus I sebanyak 1
orang siswa yang tuntas atau 4%, dan sebanyak 24 orang siswa yang belum tuntas
atau 96%. Kemampuan siswa mengelola Metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) dalam meningkatkan membaca cepat Pembelajaran Learning Cycle pada
siklus II sudah memenuhi standar, dimana yang memenuhi nilai sebanyak 24
orang siswa, dan 1 orang siswa lagi belum memenuhi nilai. Hasil perhitungan gain
diperoleh rata-rata Siklus 1 sebesar 61 dan rata-rata Siklus II sebesar 88. Sehingga
diperoleh gain 71,4%. Artinya kelas II SD Negeri 3 Kutacane mengalami
peningkatan kemampuan membaca cepat dengan kategori tinggi karena berada
pada 71%-100%.