Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Tipe
Logan Aveneu Problem Solving LAPS-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa
Akuntansi Kelas XI IPS SMA Muhammadaiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran
2021/2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu Problem Solving (LAPS)-
Heuristik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA
Muhammadiyah yang terdiri dari 28 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di
SMA Muhammadiyah Gunung Meriah yang beralamat di Desa Tulaan
kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan Tes yaitu berupa soal Pre-test dan Post-test, dan
data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 23 For Windows. Dengan
menggunakan model pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu Problem
Solving LAPS-Heuristik terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas XI IPS
Muhammadiyah Gunung Meriah, siswa mengalami peningkatan dalam belajar
yang dilihat dari nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil pengolahan data yang
telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji t yaitu thitung>ttabel, 1,799 >
1,304. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha
artinya “Ada Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM tipe Logan Aveneu
Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa
kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Tahun Ajaran 2021/2022”.