Abstract:
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaaan model
pembelajaran sehingga menurunnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis.
Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaiamana pengaruh model pembelajaran
cooperative tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran tematik di kelas V SD negeri 105288 Sei Rotan. Tujuan penelitian
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap
kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan.
Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD
Negeri 105288 Sei Rotan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan
april – juni tahun 2022. Populasi penelitian berjumlah 56 siswa dengan sampel
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan sebanyak 56
siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total. Instrumen yang
digunakan adalah lembar tes yang telah valid. Pengujian hipotesis menggunakan
uji independent T-Tes.
Hasil dari penelitian didapat nilai rata-rata pada kelas kontrol mendapat nilai
sebesar 77. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 80. Berdasarkan
hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji
idependent t-test pada aplikasi SPSS 24.0 for Windows yaitu 0,000 dengan dengan
taraf signifikan 95% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t dimana nilai
probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho
ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan bahwa “Terdapat
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan.