Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah,
pelaksanaan metode dan pengaruh pelaksanaan metode edutainment dalam pembelajaran
pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 04 Medan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen quasi (semu). Populasi yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 orang. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas
eksperiment dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes tertulis, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan
taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 5%. Jika t hitung > t tbael maka 𝐻𝑂 ditolak dan 𝐻𝑎
diterima yaitu 3,879 > 2,04 artinya ada perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode
edutaiment dengan metode konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya
perbedaan sebelum dan sesudah pelaksaan metode edutainment, setiap guru memiliki cara
dalam melaksanakan metode edutainment dan metode edutainment berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Medan.