Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Penasaran melalui Kepuasan
Konsumen sebagai Variabel Intervening pada UMKM Minuman Boba di
Kecamatan Medan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode pendekatan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh UMKM sektor kuliner khususnya minuman Boba yang ada di
Kecamatan Medan Timur. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah berjumlah 100 UMKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan teknik kuisioner/angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis data dengan
partial least square(PLS). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program Software Smart PLS 3.
Berdasarkan hasil penelitian Inovasi berpengaruh terhadap Kepuasan
Konsumen, Inovasi berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, Kepuasan
Konsumen berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, Kualitas Produk
berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk berpengaruh
terhadap Kinerja Pemasaran, Inovasi memiliki berpengaruh terhadap Kepuasan
Konsumen serta dampaknya terhadap Kinerja Pemasaran, Kualitas Produk
memiliki berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen serta dampaknya terhadap
Kinerja Pemasaran.