Research Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V UPT SDN 060890 MEDAN POLONIA

Show simple item record

dc.contributor.author ADENIA, RIZKY
dc.date.accessioned 2022-11-01T03:56:27Z
dc.date.available 2022-11-01T03:56:27Z
dc.date.issued 2022-11-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19069
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangn kelompok one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060890 yang berjumlah 23 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 87,43 banding 58,96. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 44. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 96. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan diterima dan ditolak. Hasil analisi data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan ddemikian terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890. en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Keterampilan Proses en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V UPT SDN 060890 MEDAN POLONIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account