Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses
pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan rancangn kelompok one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri
060890 yang berjumlah 23 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan
yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa nilai rata-rata siswa menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 87,43 banding
58,96. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning adalah 44. Nilai tertinggi yang diperoleh
siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah
96. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil perhitungan hipotesis
menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh
hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan diterima
dan ditolak. Hasil analisi data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan ddemikian
terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
keterampilan proses pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890.