Abstract:
Loyalitas dapat diartikan sebagai kemauan pelanggan untuk tetap
berlangganan terhadap suatu perusahaan selama jangka waktu yang panjang
dengan melakukan pembelian secara berulang dan eksklusif. Kemudian,
pelanggan secara tulus menyarankan produk tersebut kepada rekannya. Loyalitas
pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain harga, kualitas
pelayanan dan program membership card. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah harga, kualitas pelayanan dan program membership card
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Seno Barbershop Perbaungan. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa Seno
Barbershop Perbaungan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan data primer yaitu kusioner lalu diuji
menggunakan validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis
linier berganda , uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji t, uji F dan koefisien
determinasi (R-Square).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara harga terhadap loyalitas pelanggan, tidak adanya pengaruh yang
signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, tidak terdapat
pengaruh secara signifikan program membership card terhadap loyalitas
pelanggan dan adanya pengaruh secara simultan antara harga, kualitas pelayanan
dan program membership card terhadap loyalitas pelanggan Seno Barbershop
Perbaungan. Nilai R square sebesar 0.637 yang berarti 63.7% dan hal ini
menyatakan bahwa variabel harga, kualitas pelayanan dan program membership
card 63.7% untuk mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan sisanya 36.%
dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.