Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh penggunaan media
puzzle terhadap minat membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas
III SDS Harapan Mulia Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif,
analisis data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau suber
data lain terkumpul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang
berjumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Data yang
diperoleh dan di analisis dengan menggunakan uji t, yaitu uji Paired Sample T-Test
yang diperoleh dengan nilai Sig (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05. Kemudian diketahui
bahwa mean dari pretest terhadap posttest ialah sebesar 17.500. Maka terdapat
peningkatan yang signifikasi pada skor posttest. Maka H0 diterima dan Ha ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap
minat membaca p