Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan kreativitas berpikir siswa
serta ingatan siswa yang cenderung masih rendah. Siswa cenderung bosan
terhadap pembelajaran IPA karena hanya mendengarkan, guru hanya
menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) tanpa adanya media
pembelajaran yang menempatkan guru sebagai pusat informasi dan siswa hanya
diam mendengarkan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
pengaruh media pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas berpikir siswa
di kelas V SD Swasta Citra Indonesia tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada media pembelajaran Mind Mapping
terhadap kreativitas berpikir siswa kelas V SD Swasta Citra Indonesia tahun
ajaran 2022/2023.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Swasta
Citra Indonesia. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas 5A sebagai
kelas kontrol dan kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas adalah media
pembelajaran Mind Mapping, variabel terikat adalah kreativitas berpikir siswa.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t (Independent Sampel T-Test), yang
didahului dengan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji t mendapatkan nilai sig. 2-tailed
sebesar 0,000. Berarti 0,000<0,05, maka H0 ditolak . Dapat disimpulkan bahwa
terdapatPengaruh MediaPembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas
Berpikir Siswa Kelas V di SD Swasta Citra Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023.