Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha
menengah Fajar Bakery dalam menarik minat beli konsumen dan juga untuk
mengetahui solusi dalam menanggulangi kelemahan serta memanfaatkan peluang.
Dalam penelitian ini, teknik analisa data yang mengacu kepada strategi yaitu
menggunakan teknik analisis SWOT dengan metode pendekatan kualitatif. Hal ini
bertujuan untuk memaksimalkan strenghts (kekuatan) dan opportunities
(peluang), dan juga dapat meminimalkan weakness (kelemahan) dan threaths
(ancaman). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan utama Adapun
kekuatan dan kelemahan. Kekuatan (harga yang murah, ukuran produk yang
relatif besar, dan sudah bertahan selama 22 tahun) dan kelemahan (tidak
menggunakan sistem manajemen yang baik, kurangnya inovasi produk, dan
kurangnya teknologi mesin). Faktor eksternal yang mempengaruhi strategi bisnis
usaha menengah Fajar Bakery adalah peluang dan ancaman. Peluang (
Meningkatkan penjualan dan laba dengan mengeluarkan jenis produk baru,
produk UMKM masih diminati oleh masyarakat, dan meningkatnya jumlah sales)
dan ancaman (menurunnya daya beli masyarakat, pesaing yang meluncurkan
produk baru, dan naiknya harga bahan baku).