Abstract:
Tujuan dilakukannnya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana
Manajemen Program Bahasa Arab Di Mts Nurul Islam Bukit Kemuning Riau.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif,
jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan
kedalam penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Perencanaan program Bahasa
Arab pada MTs Nurul Islam Bukit Kemuning Riau ini dilakukan dalam empat
langkah yaitu: menetapkan program pembelajaran, penyusunan materi pelajaran,
menentukan sarana dan prasarana serta media pembelajaran, menentukan
pendekatan dan metode pembelajaran.
Kemudian untuk Pelaksanaan program Pembelajaran Bahasa Arab di Mts
Nurul Islam Bukit Kemuning Riau meliputi beberapa tahapan yakni:Rapat Iftitah,
pelatihan guru pengajar Bahasa Arab, kunjungan pembelajaran dikelas, adalah
membangun pola komunikasi dilingkungan Mts Nurul Islam Bukit Kemuning Riau,
yaitu dengan berbahasa menggunakan Bahasa Arab. Untuk evaluasi Program
Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Nurul Islam Bukit Kemuning Riau ada 3
tahapan yakni Pertama, penetapan standar penilaian berupa kriteria ketuntasan
minimal, Standar kompetensi lulusan, dan standar Kompetensi mata pelajaran,
Kedua yaitu penilaian atau evaluasi belajar di peroleh melalui mekanisme test yang
dilakukan satu kali dalam satu semester, Ketiga yaitu remidial bagi peserta didik
yang tidak mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimal.