Research Repository

ANALISIS SEMIOTIKA VIDIO “FAMTRIP NIAS” DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA SUMATERA UTARA DI AKUN INSTAGRAM DISBUDPARSU

Show simple item record

dc.contributor.author ANANDARI, KUSNADILA
dc.date.accessioned 2022-10-31T07:41:04Z
dc.date.available 2022-10-31T07:41:04Z
dc.date.issued 2022-10-31
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19041
dc.description.abstract Upaya memberikan informasi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi objek wisata merupakan salah satu strategi yang tidak terlepas dari prinsip-prinsip komunikasi pada umumnya. Kegiatan perancangan promosi selalu dimulai dengan mempelajari atau mengidentifikasi berbagai hal yang berkaitan dengan konsumennya (wisatawan). Dalam konteks inilah faktor-faktor yang bersifat sosiologis, psikologis, dan antropologis dari konsumen menjadi pertimbangan utama dalam proses eksplorasi ide ataupun proses kreatif pembuatan sebuah video promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sebuah video promosi “Famrip Nias” dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung menggunakan semiotika Roland Barthes. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana makna denotatif, konotatif dan mitos pada tayangan video promosi Famtrip Nias di akun Instagram, @disbudparsu dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pulau Nias. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam film ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes, dimana analisis penelitian ini menekankan pada pencairan makna denotasi,konotasi,dan mitos. Hasil penelitian menemukan bahwa audio visual Famtrip Nias mengisyaratkan bahwa produk mereka bisa menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di pulau Nias dengan membuat konten menarik yang berisikan keunikan budaya dan objek wisata yang terdapat di pulau Nias tersebut. en_US
dc.subject SEMIOTIKA VIDIO “FAMTRIP NIAS” en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.title ANALISIS SEMIOTIKA VIDIO “FAMTRIP NIAS” DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA SUMATERA UTARA DI AKUN INSTAGRAM DISBUDPARSU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account