Abstract:
Upaya memberikan informasi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara
untuk mengunjungi objek wisata merupakan salah satu strategi yang tidak terlepas
dari prinsip-prinsip komunikasi pada umumnya. Kegiatan perancangan promosi
selalu dimulai dengan mempelajari atau mengidentifikasi berbagai hal yang berkaitan
dengan konsumennya (wisatawan). Dalam konteks inilah faktor-faktor yang bersifat
sosiologis, psikologis, dan antropologis dari konsumen menjadi pertimbangan utama
dalam proses eksplorasi ide ataupun proses kreatif pembuatan sebuah video promosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sebuah video promosi
“Famrip Nias” dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung menggunakan
semiotika Roland Barthes. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana makna
denotatif, konotatif dan mitos pada tayangan video promosi Famtrip Nias di akun
Instagram, @disbudparsu dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pulau
Nias. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam
film ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes,
dimana analisis penelitian ini menekankan pada pencairan makna
denotasi,konotasi,dan mitos. Hasil penelitian menemukan bahwa audio visual
Famtrip Nias mengisyaratkan bahwa produk mereka bisa menarik minat para
wisatawan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di pulau Nias dengan membuat
konten menarik yang berisikan keunikan budaya dan objek wisata yang terdapat di
pulau Nias tersebut.