Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 157641 MASNAULI 2 KECAMATAN SIRANDORUNG KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author CAHYA, PUTRI
dc.date.accessioned 2022-10-31T07:07:32Z
dc.date.available 2022-10-31T07:07:32Z
dc.date.issued 2022-10-31
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19034
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman siswa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) dan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media 3D Pada Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 157641 Masnauli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri 157641 Masnauli II berjumlah 40 orang siswa. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan bahwa pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2- tailed) dengan uji-t adalah 0,041, dengan demikian nilai signifikansinya dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran 3D pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 157641 Masnauli II. en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 157641 MASNAULI 2 KECAMATAN SIRANDORUNG KABUPATEN TAPANULI TENGAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account