Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana
kemampuan pemahaman siswa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran
menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) dan untuk mengetahui pengaruh
Penggunaan Media 3D Pada Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Siswa
Kelas V SD Negeri 157641 Masnauli. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SD
Negeri 157641 Masnauli II berjumlah 40 orang siswa. Analisis yang digunakan
yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji
independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan
bahwa pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2-
tailed) dengan uji-t adalah 0,041, dengan demikian nilai signifikansinya dibawah
0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media
pembelajaran 3D pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan pemahaman siswa
di kelas V SD Negeri 157641 Masnauli II.