Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi persuasif pengemudi. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun narasumber dalam
penelitian ini adalah driver Grab Kota Medan dan pengguna aplikasi Grab
di Kota Medan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknis analisis Miles dan Huberman atau teknik analisis data
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif
yang terjadi antara pengemudi Grab dengan pelanggan terbentuk adanya
suatu tindakan. Secara nyata ditunjukkan dengan tindakan pengemudi
Grab yang ramah, sopan dan tidak mengecewakan pelanggan. Faktor faktor pendorong pelanggan untuk menggunakan aplikasi Grab di wilayah
Kota Medan antara lain adalah sangat mudah diakses dan sangat
membantu pelanggan dalam hal pemesanan makanan maupun dalam hal
berpergian, serta tarif yang ditawarkan lumayan murah dengan adanya
promo. Sedangkan faktor penghambat bagi Grab adalah keterbatasannya
jangka waktu promo dan resto yang lama dalam menyiapkan orderan.