Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kompetensi terhadap kualitas layanan, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh lingkungan kerja terhadap kualitas layanan, dan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kualitas layanan
pada LLDIKTI Wilayah I Sumut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai
LLDIKTI Wilayah I Sumut yang berjumlah 68 orang sedangkan sampel yang
ditetapkan berjumlah 68 orang dengan menggunakan sampel jenuh/sensus. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi
Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 24.00.
Secara parsial kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas layanan.
Secara parsial lingkungan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas
layanan. Secara simultan kompetensi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh
signifikan terhadap kualitas layanan pada LLDIKTI Wilayah I Sumut.