Research Repository

PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 025281 BINJAI TAHUN AJARAN 2021-2022

Show simple item record

dc.contributor.author RAHMA, SYAUFINA
dc.date.accessioned 2022-10-29T03:12:46Z
dc.date.available 2022-10-29T03:12:46Z
dc.date.issued 2022-10-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19001
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada matapelajaran matematika khususnya perkalian dikelas II SDN 025281 Binjai. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode jarimatika karena kemampuan numerasi peserta didik masih rendah hal ini dapat dilihat masih banyaknya peserta didik mendapat nilai dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain quasi-experimental design berupa non-equivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berjumlah 25 butir soal yang berbentuk pilihan berganda yang sudah dilakukan uji validitas, reabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa metode jarimatika mempunyai nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara hasil pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat juga pada sebelum diberi perlakuan menggunakan metode jarimatika nilai rata-rata pretest sebesar 67,23. Sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode jarimatika nilai rata-rata posttest 87,38. Itu artinya Terdapat pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik kelas II SDN 025282 Binjai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 025281 Binjai, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode jarimatika dengan tanpa menggunakan jarimatika dalam menghitung. en_US
dc.subject Metode Jarimatika en_US
dc.subject kemampuan numerasi en_US
dc.title PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 025281 BINJAI TAHUN AJARAN 2021-2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account