Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya
pembelajaran fiqih di madrasah adalah untuk membina dan mengasuh
peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara
menyeluruh. Mengembangkan konsep lingkungan madrasah berwawasan
iman dan taqwa atau mengembangkan budaya religius adalah sekumpulan
nilai-nilai agama yang melandasi prilaku, kebiasaan keseharian dan
simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala madrasah, guru, siswa serta
warga madrasah. Untuk itu, dibutuhkan pelaksanaan pembelajaran untuk
menciptakan SDM yang unggul dan cerdas, baik ilmu umum maupun ilmu
agama. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order
thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai
diharapkan agar siswa dapat mengaplikasikan dalam setiap aktivitas
kehidupan sehari-hari.
Maka dari pemaparan latar belakang tersebut menjadi
permaasalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) di MA Aisyiyah
Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata
pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini
mengambil latar belakang di MA Aisyiyah Binjai. Peneliti menggunakan
teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis
kualitatif. Sedangkan pada pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan
tekhnik triangulasi sumber.
Hasil Penelitian menunjukkan: 1. Proses pelaksanaan
pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata
pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai terdapat tiga tahap yaitu tahap awal,
kegiatan inti, dan penutup yang mana pada pelaksanaan nya diadakan di
kelas di lingkungan madrasah. 2. Hasil penelitian diatas dapat di ketahui
bahwa proses pembelajaran sesuai dengan tahapan dalam ranah kognitif
sesuai dengan pembelajaran berbasis HOTS. Hal ini menunjukkan bahwa
tingkat pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill
(HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai terlaksana dengan
baik.