Research Repository

PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SDIT AL -MUNAYA TAHUN AJARAN 2021-2022

Show simple item record

dc.contributor.author Aulannida, Ajeng Munaya
dc.date.accessioned 2022-10-25T08:49:35Z
dc.date.available 2022-10-25T08:49:35Z
dc.date.issued 2022-10-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18983
dc.description.abstract Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada pelajarsn kewarganegaraan di SDIT Al-Munaya Ta.2021-2022 yang bertepatan pada Desa Tanjung Anom, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang yang dimana peneliti memberikan masukan untuk menggunakan metode mind mapping yang merupakan metode yang cukup menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VI sdit al -munaya yang terdiri dari VIA dan VIB tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti bahwa siswa kelas VI di SDIT Al - Munaya berjumlah 60 orang yang terdiri dari kelas VIA dan VIB, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah dari populasi yaitu sebanyak 60 siswa yang akan digunakan sebagai sampel. Teknik penentuan sampel yaitu dipilih secara keseluruhan dari masing masing kelas. Tektik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan tes. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel penulis menggunakan metode produk momen korelasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Al - Munaya (0,590) dengan uji t sebesar 𝑡ℎ i𝑡𝑢𝑛g >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu (6.465). Jadi hipotesis yang berbunyi: “ Ada pengaruh metode mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada pelajaran kewarganegaraan di SDIT Al -Munaya Ta.2021-2022. en_US
dc.subject Metode Mind Mapping Meningkatkan Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SDIT AL -MUNAYA TAHUN AJARAN 2021-2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account