Abstract:
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar
pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada
pelajarsn kewarganegaraan di SDIT Al-Munaya Ta.2021-2022 yang bertepatan
pada Desa Tanjung Anom, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang yang dimana
peneliti memberikan masukan untuk menggunakan metode mind mapping yang
merupakan metode yang cukup menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam proses belajar mengajar.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VI sdit al -munaya
yang terdiri dari VIA dan VIB tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan data yang
diperoleh oleh peneliti bahwa siswa kelas VI di SDIT Al - Munaya berjumlah 60
orang yang terdiri dari kelas VIA dan VIB, dan sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh jumlah dari populasi yaitu sebanyak 60 siswa yang akan digunakan sebagai
sampel. Teknik penentuan sampel yaitu dipilih secara keseluruhan dari masing masing kelas. Tektik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa
angket dan tes. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel
penulis menggunakan metode produk momen korelasi. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping
terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Al - Munaya (0,590) dengan uji t
sebesar 𝑡โ i𝑡𝑢𝑛g >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu (6.465). Jadi hipotesis yang berbunyi: โ Ada pengaruh
metode mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada
pelajaran kewarganegaraan di SDIT Al -Munaya Ta.2021-2022.