Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pemahaman dan
pengetahuan bagi karyawan terhadap sistem Total Quality Manajemen(TQM) di
Wisma Pandowo Syariah Indarpura. Teknik penelitian secara ilmiah dengan
melakukan rangkaian studi pustakan melalui jurnal, majalah, internet, karya
ilmiah, artikel dan sumber lain yang diperlukan. Dalam penelitian yang
diwawancarai yaitu Manajer dan Karyawan Wisma Pandowo Syariah Indrapura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
Penelitian yang diperoleh adalah penerapan total quality manajemen (TQM) di
wisma pandowo syariah, manajer harus selalu melakukan sosialisasi, evaluasi
kerja dan membuat laporan evaluasi guna melancarkan penerapan total quality
manajemen (TQM). Komunikasi karyawan harus diperhatikan, mengingat betapa
besarnya manfaat komunikasi karyawan bagi perusahaan. Sangat penting bagi
para manajer untuk berkomunikasi diantara mereka sendiri dan juga dengan
karyawannya karena komunikasi yang efektif adalah kunci sukses
perusahaan.Peran karyawan dalam penerapan tqm ialah keuletan membina
kreatifitas , keiklasan dalam menjalankan program perusahaan, kemampuan
untuk mengembangkan diri, keyakinan dan kepercayaan akan manfaat
manajemen terpadu.