Abstract:
Skripsi ini membahas Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan
Marelan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh
menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan
berpikir kritis peserta didik kelas VI SD Bina Taruna 1. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe
Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1
Medan Marelan. Jenis penelititan ini adalah One grup Pretest dan Posttest(Tes
Awal dan Tes Akhir) dengan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui
kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1.Subjek dalam
penelitian ini siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan sebanyak 20
siswa berperan sebagai responden. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan
mulai 25 Januari- 25 Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
sebelum diberikan perlakuan -skor rata-rata pretest yaitu 64 berada pada katerogi
rendah. Adapun setelah diberi perlakuan(posttest) dengan rata-rata skor yakni 82
berada pada kategori tinggi atau sangat baik. Hasil statistic dengan menggunakan
SPSS 25 peneliti penganalisis data dengan Uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung
sebesar 60,586 > ttabel 1,729. ttabel diambil dari tabel berdistrisubi t dengan taraf
signifikan yang digunakan adalah 5% atau 0,05 diperoleh ttabel = 1,729. Hal ini
berarti thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5 %, maka hipotesis (Ha) diterima. Dari
hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan.