Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share
Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas V SDS Bina Taruna 1. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kreativitas belajar peserta didik
kelas VA sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Bagaimana
kreativitas belajar peserta didik kelas VB sebelum menerapkan model pembelajaran
Konvensional. Bagaimana kreativitas belajar peserta didik kelas VA sesudah
menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Bagaimana kreativitas belajar
peserta didik kelas VB sesudah menerapkan model pembelajaran Konvensional.
Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap
kreativitas belajar peserta didik kelas VA SDS Bina Taruna 1. Tujuan penelitian ini
adalah Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VA sebelum
menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Untuk mengetahui kreativitas
belajar peserta didik kelas VB sebelum menerapkan model pembelajaran
Konvensional. Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VA
sesudah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Untuk mengetahui
kreativitas belajar peserta didik kelas VB sesudah menerapkan model pembelajaran
Konvensional. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share
terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas VA SDS Bina Taruna 1. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu menggunakan kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang
ada di SDS Bina Taruna 1. Sedangkan sampel penelitian ini adalah menggunakan
sample random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VA sebagai
kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol
sebanyak 28 peserta didik. Jadi jumlah seluruh subjek dalam penelitian ini sebanyak
56 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes kreativitas belajar yang
berjumlah 10 butir soal berbentuk essay yang sudah dilakukan uji validitas dan
reliabilitas. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dikelas eksperimen (Model
Pembelajaran Think Pair Share) diperoleh hasil rata-rata posttest yaitu 90,57
sedangkan di kelas kontrol (Model Pembelajaran Konvensional) diperoleh hasil
rata-rata posttest yaitu 63,57. Pembelajaran dengan menggunakan Model
Pembelajaran Think Pair Share bagi peserta didik kelas VA menunjukkan bahwa
kemampuan kreativitas belajar yang lebih baik dari pada menggunakan model
pembelajaran Konvensional. Nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 <
0,05. Hal ini dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kreativitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen (model pembelajaran Think
Pair Share) dan kelas kontrol (model pembelajaran Konvensional) dengan
demikian terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap peserta didik. Nilai uji thitung
adalah sebesar 18,265 yang mana thitung 18,265 > ttabel 1,703. Jadi dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Think Pair Share memberikan pengaruh yang lebih
baik terhadap kreativitas belajar peserta didik pada kelas VA SDS Bina Taruna 1.