Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi
siswa di kelas V SD N 054914 Kota Lama tahun ajaran 2022/2023. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berkolaborasi siswa kelas V SD
Negeri 054914 Kota Lama sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
write around. Serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran write around
terhadap kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD Negeri 054914 Kota Lama.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Adapun
metode penelitian yang digunakan adalah penelitian One grup pretest-posttest
design, yaitu design yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kolaborasi siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran write around terlihat dari aktifitas siswa dalam
proses belajar mengajar selama proses pembelajaran sangat rendah dimana 15
orang siswa telah memenuhi nilai KKM dan 20 siswa belum memenuhi nilai
KKM. dengan nilai rata-rata 72,3. Kemampuan berkolaborasi siswa setelah
menggunakan Model Pembelajaran writa around terlihat dari aktifitas siswa
dalam proses belajar mengajar sesudah menggunakan model pembelajaran write
around selama proses pembelajaran sudah meningkat dimana semua siswa telah
memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 88,5. Terdapat pengaruh Model
Pebelajaran write around terhadap kemampuan Berkolaborasi Siswa.